Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai

Waspada gagal ginjal akut pada anak, kenali gejalanya

Beberapa hari terakhir ini dunia maya digemparkan dengan pemberitaaan tentang kasus Gagal Ginjal Akut pada anak. Padahal sebenarnya Kemetrian Kesehatan telah mewaspadai adanya peningkatan kasus terjadinya gagal ginjal akut pada anak ini sejak bulan Agustus 2022, namun per tanggal 23 oktober 2022 Kementerian Kesehatan melalui dr. Siti Nadia Tarmizi,M.Epid, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik menyatakan bahwa terdapat 245 kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak ( Acute Kidney Injury ) di 26 provinsi yang telah melaporkan tentang kasus tersebut, dan yang membuat prihatin adalah 141 orang diantaranya meninggal dunia. Itu artinya angka kematian pada kasus Gagal Ginjal Akut pada anak ini mencapai 57,5%.

Di provinsi Aceh ditemukan 29 kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak , dan 21 orang di antaranya meninggal dunia. Jumlah kematian akibat Gagal Ginjal Akut ini benar-benar membuat mata kita semua terbuka lebar, betapa pentingnya memperhatikan kondisi kesehatan anak terutama yang berusia 0-18 tahun, lebih spesifiknya kepada balita.

Namun, untuk para bunda di seluruh Indonesia jangan panik menghadapi hal ini ya karena kita hanya perlu meningkatkan kewaspadaan jika terdapat gejala-gejala seperti ini pada anak kita yaitu :

  1. Diare , jika anak mengalami hal ini kemungkinan besar anak mengalami infeksi didalam tubuhnya, oleh sebab itu para bunda sekalian diharapkan mampu menjaga kebersihan si kecil dengan baik. Jika bunda menemukan gejala ini pada anak silahkan langsung berkonsultasi dengan dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Jangan biasakan untuk mengkonsumsi obat-obatan diluar pengawasan dokter. Karena hal ini juga yang sedang diteliti oleh Kementerian kesehatan beserta unit terkait, apakah tingginya angka kejadian kasus ini disebabkan oleh pemakaian beberapa jenis obat syrup yang mengandung paracetamol
  2. Muntah,hal ini bisa disebabkan juga karena anak salah makan atau mengkonsumsi makanan yang tidak layak bagi pencernaannya. Disini peran bunda dipertaruhkan untuk menjaga kondisi kesehatan anak dengan menyusun diet yang sesuai untuk anak, terjaga kebersihannya, dan menu variatif yang membuat anak tidak lagi jajan di luar rumah.
  3. Demam selama 3-5 hari, sebagian besar bunda pasti telah menyiapkan obat penurun panas didalam kotak obat dirumah, apalagi demam ini cenderung berulang. Namun, untuk menurunkan suhu tubuh tidak serta merta langsung diberikan obat, bunda bisa memilih alternatif lain yaitu beri asupan cairan lebih dari biasanya terutama air putih, kemudian kompres anak dan anjurkan anak beristirahat, siapa tau naiknya suhu tubuh karena anak kelelahan dan kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh.
  4. Batuk pilek, kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa daerah menguji kekebalan sistem immunitas tubuh kita, terutama anak-anak dan orang tua. Jika bunda telah mengetahui bahwa didaerahnya akan turun hujan, sebaiknya anak-anak yang ke sekolah dibekali payung / jas hujan. Sehingga bisa menghindari terjadinya batuk pilek.
  5. Jumlah urine sedikit bahkan ada yang tidak bisa buang air kecil sama sekali. Gejala yang menunjukkan bahwa jumlah urine sedikit, bahkan tidak ada sama sekali merupakan gejala khas terjadinya gagal ginjal. Apalagi jika bunda yakin asupan cairan pada anak bunda cukup tapi urine malah sedikit. Jika menemukan hal seperti ini boleh bunda konfirmasikan ke Dokter atau fasilitas kesehatan terdekat ya.
5 GEJALA GANGGUAN GINJAL PADA ANAK

Bagaimana para bunda sekalian, mulai paham kan mengenai 5 gejala gagal ginjal akut yang jika bunda sekalian temukan, jangan panik dulu tapi konfirmasikan lebih lanjut dengan Dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Salam sehat bunda sekalian…..

Jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar ya!!

Sumber Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=QAHPuJRvEtw

https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/23/063000365/penjelasan-kemenkes-soal-daftar-102-obat-sirup-yang-disebut-dilarang-dijual?page=all

https://upk.kemkes.go.id/new/waspadai-gagal-ginjal-akut-pada-anak

Iklan

Diterbitkan oleh adexfree

Hai....perkenalkan, nama saya nyayu fauziah tapi lebih suka dipanggil adex. Saya udah lama jadi bloger, sejak 2010 tapi di blogspot.com. Sekarang saya mau berselancar di wordpress. follow curhatan saya di sini ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: